aku dan pacar ku

Kamis, 18 November 2010

samsung tab.. siap perang dengan apple


Samsung dan Google hari ini melansir komputer tablet yang akan menyaingi iPad di Inggris. Galaxy Tab memiliki layar sentuh berukuran tujuh inci (bandingkan dengan Apple iPad yang berukuran 9.7 inci) dan menggunakan pEranti lunak Android dari Google.

"Anda benar-benar dapat memasukkan perangkat ini dalam kantong jaket," ujar jurubicara Samsung. Seperti dilaporkan Daily Mail, pengguna dapat mengunduh ribuan aplikasi dari toko online Google jika telah mengikat kontrak dengan layanan online Google di Inggris.

Tablet baru itu terdepan dalam teknologi, seperti juga telepon Samsung Galaxy S. Samsung juga sedang mempertimbangkan untuk membuat tablet ukuran 10 inci.

Bulan lalu bos Apple Steve jobs melancarkan serangan terhadap tablet termasuk Samsung Galaxy Tab. Ukuran Galaxy memang jauh lebih dibandingkan iPad.

Jobs mengatakan "kami pikir tablet 7 inci keluaran terbaru akan layu sebelum berkembang. Pabrik mereka akan menyadari bahwa tablet mereka terlalu kecil, lalu mereka akan menambah ukurannya pada tahun depan, artinya mereka mengabaikan pelanggan maupun pengembang yang sudah beralih ke tablet berukuran 7 inci."

Ia mengatakan hanya ada "sedikit pemain kredibel yang menguasai pasar komputer tablet dan sejauh ini yang mendominasi adalah iPad." Samsung juga telah mengembangkan beberapa aplikasi sendiri untuk Galaxy Tab, termasuk newsreader dan layanan unduh film.

Piranti lunak Swype juga disertakan sehingga mengetik cukup dilakukan dengan menggeser jari di atas keypad, jadi tak perlu menghentakkan jari ke tombol.

Beberapa perusahaan lain telah meluncurkan perangkat saingan iPad dengan piranti lunak Google, tapi banyak pengamat yakin Samsunglah yang pertama mampu menandingi iPad.

Pesaing potensial lainnya adalah Dell Streak, yang diluncurkan pada awal tahun ini. Streak memiliki ukuran jauh lebih kecil ketimbang iPad dan terlihat lebih mirip telepon pintar ketimbang tablet.

Bulan lalu pembuat Blackberry juga melansir pesaing iPad yaitu PlayBook. PlayBook lebih kecil dan ringan ketimbang iPad, tapi produk itu baru dijual ke pasar pada tahun depan.

Perangkat itu memiliki ukuran layar 7 inci, setengah dari ukuran perangkat Apple, dan bobot sekitar 0.9 pon (iPad 1.5 pon) serta memiliki dua kamera, di depan dan dibelakang. "Apple selangkah lebih baik di pasaran tetapi Samsung Tab adalah pesaing pertama dan itu jelas terlihat," Ujar Anthony Cox, analis industri dari Juniper Research.

Juniper Research mengatakan lebih dari 81 juta tablet akan terjual di tahun 2015,dan iPad merupakan sukses terbesar, dengan lebih dari 7.5 juta terjual sejak diluncurkan di bulan April.

Tidak ada komentar: