aku dan pacar ku

Senin, 18 Oktober 2010

Manfaat dan keGunaan bUah MaHoNi

Yang kita tau selama ini, kalau kita bilang mahoni pasti ngga jauh dari kayu, karena kayu mahoni sangat bagus dan bernilai cukup tinggi, tapi kali ini kita ngabahasnya bukan tentang ukiran kayu mahoni atau kerajinan lainnya, tapi yang kita bahas kali ini adalah buahnya.

iya ..buah mahoni... baru dengerkan, hihihii..sama mbah juga baru denger ni, nah disini mbah mau bagi-bagi info buat temen-temen mbah...ternyata buah mahoni cukup banyak kegunaannya diantaranya bisa menyembuhkan penyakit seperti Hipertensi), Kurang napsu makan, Demam; Kencing manis (Diabetes mellitus), Masuk angin, Ekzema, Rematik, buah mahoni suadah banyak yang jual khususnya yang menjual obat-obatan herbal, di pinggir jalan juga banyak temen-temen yang jual mereka biasanya memberi nama kiosnya itu apotik alam, nah biasanya para pedagang ini suka menjual buah mahoni yang belum dihaluskan jadi masih ada kulitnya, kulit dari buah mahoni ini berwarna merah, sedangkan yang berkhasiat itu adalah biji dari buah mahoni ini....

buah mahoni ini seperti kuaci temen-temen berwarna putih.. tapi sedikit himbauan aja ni...biji mahoni ini rasanya pait..

nah cara pemakaiannya seperti ini

1. Hipertensi:
a. 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah
dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore
hari.
b. 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir
air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi
hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

2. Kencing manis:
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air
panas. Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakukan
2-3 kali sehari.

3. Kurang napsu makan:
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air
panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat,
lakukan 2-3 kali sehari.

4. Demam, masuk angin:
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni.diseduh dengan 1/4 cangkir air
panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi
hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

zat yang ada didalam buah mahoni ini, zat bernama flavonolds dan saponins.
Flavonolds sendiri dikenal berguna untuk melancarkan peredaran darah. Jadi bagi para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah bisa memakai buah ini sebagai obat. Khasiat flavonolds ini juga bisa untuk mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas.
Sementara itu, saponins memiliki khasiat sebagai pencegah penyakit sampar, bisa juga untuk mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan, men-cegah pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.
Kini buah mahoni banyak dijual pada bentuk ekstrak. Bahkan dalam kemasan tersebut, khasiat mahoni disinyalir bisa untuk membesarkan payudara, selain juga diperkirakan sangat berguna untuk kehalusan kulit.

Tidak ada komentar: