aku dan pacar ku

Rabu, 22 September 2010

blackberry tour 9630


blackBerry Tour 9630 merupakan handset BlackBerry keluaran Research In Motion (RIM) yang dirilis pada Juli 2009.

Tipe BlackBerry ini merupakan perpaduan antara tipe Curve dengan Bold. Perpaduan antara kedua tipe ini dimaksudkan agar Blackberry Tour 9630 dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik pasar Curve yang lebih umum, maupun Bold yang lebih mengarah pada pasar korporat.

Jim Balsillie, co-Chief Executive RIM mengatakan bahwa kemunculan Blackberry Tour 9630 merupakan kemajuan besar bagi RIM dan Amerika Serikat dan Kanada menjadi dua negara pertama yang dapat mencoba Blackberry tipe ini.

Untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada, Blackberry Tour 9630 dijual dalam paket bundling dengan penyedian jasa layanan telekomunikasi setempat antara lain Verizon dan Sprint Nextel. Dengan membeli paket tersebut, pengguna perangkat genggam Blackberry tour 9630 di Amerika Serikat dan Kanada telah terikat kontrak layanan jasa telekomunikasi selama satu tahun.

spesifikasi

Tampil dengan dimensi 112 mm x 62 mm x 14.2 mm, dan bobot 130 gram, tipe Blackberry Tour 9630 ini tetap mempertahankan desain candy bar seperti pada tipe-tipe sebelumnya.

Blackberry Tour 9630 ini dilengkapi kamera 3,2 Mega Pixel di bagian belakang. Hal tersebut merupakan langkah penyempurnaan dari tipe Blackberry sebelumnya yaitu Blackberry Bold 9000 yang hanya dilengkapi kamera 2 Mega Pixel. Kualitas kamera Blackberry Tour 9630 ini juga akan didukung oleh kemampuan tampilan layar yang jernih dengan High Resolution HVGA 480 x 360 pixel.

Blackberry Tour 9630 memiliki jaringan quad band 850/900/1800/1900 MHz, yang berarti handset terbaru keluaran RIM ini dapat mengakses data menggunakan akses 3G.

Untuk sistem operasi, Blackberry Tour 9630 menggunakan sistem operasi BlackBerry OS 4.7, yang merupakan sistem operasi terbaru keluaran BlackBerry. Dengan menggunakan sistem operasi ini, BlackBerry Tour 9630 kompatibel dengan sebagian besar program-program terbaru yang diperuntukkan bagi perangkat genggam Blackberry.

Sama seperti pada Blackberry tipe sebelumnya, Blackberry Tour 9630 dilengkapi dengan Micro SD slot di bagian samping. Memori bawaan dari perangkat genggam Blackberry Tour 9630 memiliki kapasitas 2 Gigabyte dan kapasitas tersebut dapat ditambah hingga 16 Gigabyte.

Pada bagian konektivitas, Blackberry Tour dilengkapi dengan sambungan nirkabel, Bluetooth versi 2.0 yang memungkinkannya melakukan transfer data ke sesama perangkat yang juga dilengkapi dengan Bluetooth. Selain itu untuk sambungan kabel, Blackberry Tour juga dilengkapi dengan sambungan USB di bagian samping.

Menggunakan baterai 1400 mAh removable/rechargeable cryptographic lithium cell seperti yang digunakan oleh perangkat genggam Blackberry lainnya, yaitu Blackberry Bold, Storm dan Javelyn, konsumsi daya baterai pada perangkat genggam Blackberry Tour masih relatif tinggi seperti tipe-tipe pendahulunya. Hal ini tidak lain dikarenakan resolusi layar yang tinggi, yang mana memerlukan daya baterai yang tidak sedikit. Akibatnya daya tahan baterai pada perangkat genggam ini relatif singkat.

Satu-satunya kekurangan dari Blackberry tipe terbaru ini adalah absennya fitur pencari sinyal wi-fi. Tidak seperti halnya pada Blackberry Bold 9000, Blackberry Tour 9630 tidak dilengkapi fitur pencari sinyal wi-fi, sehingga tidak dimungkinkan untuk menangkap sinyal wi-fi dan memanfaatkannya untuk akses data seperti halnya pada Blackberry Bold 9000.

fitur

Seperti pada tipe-tipe Blackberry sebelumnya, fitur Push E-mail tetap dipertahankan. Melalui fitur ini, pengguna Blackberry Tour 9630 diharapkan dapat tetap terhubung dengan akun surat elektronik milik mereka. Blackberry Tour 9630 sanggup menyimpan sampai dengan 10 akun surat elektronik yang akan selalu terhubung dengan perangkat genggam Blackberry Tour 9630 ini. Sebagai fitur standar Blackberry, fitur Push E-mail memang tidak mengalami banyak perubahan pada tipe Blackberry terbaru ini.

Pada tampilan muka standar Blackberry Tour, tetap mempertahankan tampilan seperti yang ada pada tipe Bold, Javelin maupun Storm. Tampilan muka yang sama yaitu dengan tema tampilan muka standar active zen, membuat secara kasat mata, Blackberry Tour tidak banyak berbeda dengan versi-versi terdahulunya. Tampilan layar utama dengan enam pilihan menu cepat yang tampil di bagian bawah layar tetap dipertahankan, sama seperti tipe Bold maupun Javelin. Secara umum tidak ada yang berubah dari tampilan muka Blackberry Tour dibandingkan versi-versi pendahulunya yaitu Bold dan Javelyn.

Pada bagian pemutar media, ekstensi file yang dapat diputar pun tidak ada yang berubah dari versi Bold, Javelyn maupun Storm. Ekstensi file seperti *.mp3, *mp4, *mpg, *aac, *aac+ dan *3gp masih merupakan ekstensi file yang bisa diputar pada fitur pemutar media di Blackberry Tour, sama seperti tipe Bold dan Javelyn. Sedangkan ekstensi file *.flv yang kompatibel dengan beberapa situs seperti youtube.com, masih belum mendukung untuk digunakan pada pemutar media yang disediakan oleh Blackberry Tour 9630.

Untuk layanan Blackberry Messenger, Blackberry Tour 9630 sudah dilengkapi dengan Blackberry Messenger 5.0, versi terbaru Blackberry Messenger. Fungsi layanan Blackberry Meseenger pada Blackberry Tour memiliki layanan yang sama seperti pada tipe Blackberry sebelumnya yaitu untuk menghubungkan antar pengguna Blackberry sehingga dapat berkomunikasi layaknya menggunakan layanan yahoo messenger ataupun windows live messenger dan juga untuk saling bertukar data.

Secara umum, fitur pada Blackberry Tour tidak banyak berbeda dengan versi terdahulunya yaitu Blackberry Bold, Javelin maupun Storm. Penyempurnaan pada versi ini lebih dipusatkan pada penyempurnaan di bagian fisik yang mengkombinasikan fisik Bold dan Curve, sehingga perbaikan dan penyempurnaan di bagian fitur tidak begitu banyak berubah pada Blackberry Tour 9630 ini.

Tidak ada komentar: